Senin, 25 April 2011

Tumbuhan Spora

Jenis-jenis spora
Pengertian spora berlaku umum, dalam arti tidak memandang bagaimana atau oleh spesies apa ia dibentuk.Akibatnya banyak istilah yang menggunakan kata ini. Penggunaan istilah spora meluas di lingkungan tumbuhan yang tidak berbiji (seperti paku-pakuan dan lumut-lumutan ), fungi , Myxozoa , dan bakteri .


Jenis spora menurut fungsi
*.Spora sebagasdsai alat persebaran untuk tumbuhan berpembuluh non-biji, lumut, fungi, dan Myxozoa . Spora dengan pengertian ini dikenaljuga sebagai diaspora .
Endospora dan eksospora , merupakan spora yang dibentuk oleh bakteri tertentu (dari divisio Firmicuta ) sebagai alat pertahanan hidup dalam kondisi ekstrem.
Klamidospora ( chlamydospore ), fungsinya mirip dengan endospora , tetapi dihasilkan oleh fungi.
Zigospora sebagai alat persebaran haploid dari fungi Zygomycota . Spora ini berdinding tebal dan dapat tumbuh menjadi konidium atauzigosporangium.
Beberapa istilah lain juga menggunakan kata spora, seperti sporozoit dan sporoblas namun sama sekalibukan spora.
sunting ] Jenis spora berdasarkan pembentukannnya
Spora yang dihasilkan dari meiosis dinamakan meiospora dan yang dihasilkan dari mitosis dinamakan mitospora .
*.Contoh penghasil meiospora: paku air , rane , tumbuhan lumut , tumbuhan berbiji . Meiospora menumbuhkan organisme haploid (disebut protonema pada tumbuhan lumut dan disebut protalus pada rane dan paku air) yang menghasilkan spermatozoid dan sel telur . Pada tumbuhan berbiji , meiospora tumbuh menjadi serbuk sari ( pollen ) dan kantung embrio .
*.Contoh penghasil mitospora: sebagian besar paku-pakuan , sebagian besar fungi . Pada paku-pakuan, mitospora tumbuh menjadi protalus yang setelah dewasa menjadi protalium.

Tags:

0 Responses to “Tumbuhan Spora”

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar dan alamat surel untuk berlangganan.

Gallery

Subscribe

Donec sed odio dui. Duis mollis, est non commodo luctus, nisi erat porttitor ligula, eget lacinia odio. Duis mollis

© 2013 Edukasi Blog. All rights reserved.
Designed by SpicyTricks